Laman

Selasa, 14 Februari 2012

Bursa Calon Presiden 2014
Sosok Jenderal Tak Lagi Memukau Rakyat
 
Headline

INILAH.COM, Jakarta - Sosok jenderal pensiunan tentara diyakini tidak lagi menjadi tipikal figur impian rakyat dalam memilih presiden dan wakil presiden pada 2014.

Pengamat politik Universitas Paramadina Herdi Sahrasad menilai, berubahnya figur idaman rakyat dapat terlihat dalam berbagai ajang pemilukada baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Rakyat di daerah sudah bisa menerima sosok sipil, tidak lagi mengidolakan tentara, ini realita yang terjadi di sebagian besar pilkada di Indonesia," terang Herdi, Sabtu (11/2/2012).

Pengidolaan rakyat terhadap jenderal pensiunan tentara merupakan dampak dari rezim militer Orde Baru yang menafikan sosok pemimpin sipil. Seiring berjalannya waktu, rakyat mulai sadar bahwa banyak figur sipil yang memiliki jiwa kepemimpinan kuat.
Banyak kepala daerah yang dianggap berprestasi saat ini justru bukan berlatar belakang tentara. Realita ini akan menjadi referensi bagi rakyat sehingga pada Pilpres 2014 tak lagi mengutamakan figur militer.
"Proses kesadaran rakyat ini sudah berjalan selama sepuluh tahun terakhir, dan akan terus bergulir hingga 2014. Tampaknya sosok jenderal tidak lagi memukau rakyat," terang Herdi. [mah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar